TIPS 1 : BUAT DAILY/WEEKLY PLANNER
Mau bagaimana caramu bikin plan, intinya kita harus punya rencana mau ngapain di hari esok, kalo aku sendiri aku bakal nulis kegiatan aku untuk besok, pas malamnya, dalam bentuk digital, di sebuah aplikasi namanya Ticktick karena mudahnya cara akses dan aku sendiri sering ber-interaksi dengan handphone dan juga laptopku. Dan biasanya ini aku atur berdasarkan skala prioritas, dan ini ada diagramnya :
Teknik Einsenhower Matrix (wirahadie.com)
Kuadran I (Penting dan Mendesak) : Itu kegiatan yang pertama - tama harus kita lakukan, contoh : tugas kuliah yang penting! dan deadline nya sedikit lagi! mungkin sekitar 5 jam lagi dari sekarang, itu mendesak. Dan itu hal pertama yang harus kita lakukan.
Kuadran II (Tidak Penting dan Mendesak) contoh : Olahraga secara Rutin! Itu penting banget, tapi ngk mendesak. Karena kalo kita ngk ngelakuin itu, ya siapa yang mau marah? Emang nilai kita bakal berkurang? Atau apa? Enggak, ngk ada. Tapi hal itu harus dijadwalkan, karena olahraga itu penting, walaupun ngk mendesak. Jadi dia ada di urutan kedua, penting tapi ngk mendesak.
Kuadran III (Penting dan Tidak Mendesak) Point ini kita tuh bisa menjadwalkan ulang kegiatannya, atau kita kasih tugas itu ke orang lain! contoh : ngecek email, ngecek wa yang masuk, itu hal yang mendesak tapi ngk terlalu penting (Tapi tergantung sih, tergantung kerjaan kamu itu apa, tapi menurut aku sendiri, ngecek email ngecek wa itu ngk terlalu penting, tapi memang mendesak. Soalnya kadang temen - temen chatting atau apa, itu sebenarnya bisa kita jadwalin nanti atau bahkan kita bisa kasih ke orang buat balesin).
Kuadran IV (Tidak Penting dan Tidak Mendesak) contoh : Nongkrong sama temen, pengen nolak tapi ngk enak. Ngk penting dan ngk mendesak kenapa? Karena kalo kita ngelewatin kegiatan itu di hari itu, maka ngk terlalu berdampak. Kegiatan itu kita lakukan, setelah 3 kegiatan tadi itu selesai, maka kita baru bisa nongkrong. Dan kita bisa ngelakuin kegiatan yang keempat ini. Sedangkan misalnya juga kegiatan 3 ini belum selesai, nah ngapain juga kita ngelakuin kegiatan yang keempat ini??
Dan itulah cara menjadwalkan suatu kegiatan berdasarkan skala prioritas.
TIPS 2 : TENTUIN TARGET
Dalam kegiatan yang udah kalian susun itu, kalian buat target. Misalnya, menyelesaikan 7 dari 10 kegiatan hari ini! Itu udah bagus banget lho. Dan kalo kalian bisa menyelesaikannya, kalian kasih self reward tuh ke diri kalian sendiri, entah beli es krim, atau tidur lebih cepet, itu adalah sebuah reward juga. Dan misalnya juga kalo kalian gagal, kasih punishment ke diri kalian sendiri, kan punishmentnya yang positif. Misalnya, biasanya kalian baca buku 5 halaman sehari, tapi karena kamu menghukum diri kamu sendiri, maka baca buku itu jadi 10 halaman. Jadi kita ini sebagai manusia, harus diberi target, dan kalo ngk diberi target, ya kita ngk bakal tau output yang akan kita kejar itu apa? kan ngk ada target.
TIPS 3 : JAGA KERAPIHAN BARANG - BARANG KITA
Ini hal simple sih sebenarnya, tapi aku ngerasa aku paling suka kalo ada orang yang bantu bersih - bersih. Kenapa? Karena kadang aku tuh jadi ngk tau tata letak dari barang - barang yang ada di rumahku atau yang ada dikamarku, jadi aku bingung. Dan kenapa hal - hal kayak gitu tuh penting? Hal simple kayak gini? Coba bayangin ya, kalo kalian lagi butuh benda sesuatu, dan kalian nyari bisa sampai 35 menit. Yang pertama waktu kalian bakal abis, Yang kedua mood kalian tuh pasti dah mulai ilang. Rasa semangat kalian dah ilang. Misalnya kalian mau ngerjain PR sekarang, tapi tiba - tiba pulpen kalian tuh ilang, cari kesana kesini, akhirnya ketemu pas 30 menit kemudian. Ya pasti semangatnya dah ilang buat ngerjain PR yang tadi. Jadi pastiin barang - barang kalian tuh tertata dengan rapi. Atau kalopun itu ngk rapi, kalian tuh harus inget, barang itu ada disitu, barang ini ada disini, dan yang lainnya. Terutama barang yang ada di meja kerja kalian, itu berpengaruh banget.
TIPS 4 : JAUHI DISTRAKSI
Menurutku, distraksi yang paling gila di era sekarang itu apa? Handphone, Bener ya? Bahkan ada studi yang mengatakan "Manusia tuh ngk bisa lepas dari yang namanya Handphone" karena mereka tuh cenderung cemas kalo handphone itu lagi ngk ada di tangan mereka. Aku aja jujur sebagai manusia, ngerasain hal - hal yang kayak gitu. Pada saat 3 tahun terakhir, aku mungkin ngk pernah keluar tanpa bawa handphone. Tapi jangan sampai handphone ini ngendaliin kita. Hal yang aku lakuin buat ngendaliin handphone daripada handphone yang ngendaliin aku adalah : aku membatasi pengaturan penggunaan tiap aplikasi sesuai kebutuhanku, misalnya : Whatsapp hanya 4 jam, Instagram 30 menit, dan lainnya. Dan juga aku sering banget matiin notif - notif yang gk penting, misal notif Whatsapp grup atau yang lainnya. Karena aku ngerasa kalo kita lagi fokus atas sesuatu, dan muncul notif aplikasi - aplikasi yang ngasih promo, dan walaupun kita ngk tertarik sama promo itu, tapi pas kita liat notifikasinya, diri kita itu bakal mencoba untuk buka aplikasi lainnya. Dan berakhir apa? Kita jadi scroll sosmed, dan akhirnya juga kegiatan kita yang tadi jadi terbengkalai karena hanya sebuah notifikasi.
Cara lainnya kamu juga menjadwalkan, misalnya 45 menit ngerjain kerjaan kita, 15 menit kasih waktu untuk kita bermain handphone. Begitu juga seterusnya sampai kerjaan kita tuh semua bener - bener selesai.
TIPS 5 : ME TIME
Me time itu sepenting itu, jadi jangan paksain diri kalian, buat kerja, nugas sampai capek banget, tanpa memberikan kesenangan pada diri kalian sendiri. Toh tujuan hidup kita itu buat bahagia, bukan buat kerja, itu intinya. Jangan sampai lupa buat bahagiain diri sendiri. Jalan santai keliling desa, bisa nonton acara favorit setelah semua kegiatan selesai. Atau sesimpel, kasih waktu kita tidur lebih lama dari biasanya. Itu adalah bentuk me time juga kok..
TIPS 6 : PANTANG MENYERAH
Bangun kebiasaan yang baru, itu perlu konsistensi yang tinggi. Untuk produktif di awal - awal itu pasti sulit. Tapi kalo kita terus ngelakuin itu, insya allah semuanya itu akan membuahkan hasil. Asalkan kita, Jangan cepet nyerah dulu! Aku yakin semua orang didunia ini punya titik masing - masing dimana mereka tuh capek banget, tapi ada beberapa yang milih nyerah tapi ada beberapa juga yang milih bangkit kembali.
Nah itulah 6 tips dari aku, semoga kalian yang habis baca postingan ini bisa produktif. Dan mungkin bisa lebih menghargai waktu kalian. Dan itu aja dari aku, thankyou☺
See you the next my blog👋
Tidak ada komentar:
Posting Komentar